? ??????????????????? ????Easy Install Instructions:???1. Copy the Code??2. Log in to your Blogger account
and go to "Manage Layout" from the Blogger Dashboard??3. Click on the "Edit HTML" tab.??4. Delete the code already in the "Edit Template" box and paste the new code in.??5. Click "S BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS ?

Selasa, 02 Maret 2010

SISTEM DEMOKRASI

Ada beberapa macam sistem demokrasi pemerintahan yang dipraktikan didalam penyelenggaraan pemerintahan. Dalam pelaksanaannya, ada perbedaan antara satu negara dengan negara lainnya. Perbedaan itu terjadi karena setiap negara menyesuaikan demokrasi itu dengan sosial budaya dalam masyarakatnya. Namun, semua konsep menggunakan istilah demokrasi yang menurut asal katanya berarti rakyat berkuasa atau goverment or rule by the people, dapat dilihat dari berbagai sudut pandang.

1. Atas dasar penyaluran kehendak rakyat

Menurut cara penyaluran kehendak rakyat demokrasi dibedakan seperti berikut ini.

a) Demokrasi langsung

Demokrasi langsung berarti paham demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negaranya dalam permusyawarahan untuk menentukan kebijaksanaan umum negara atau undang-undang.

b) Demokrasi tidak langsung

Demokrasi ntidak langsung berarti paham demokrasi yang dilaksanakan melalui sistem perwakilan. Penerapan demokrasi seperti ini berkaitan dengan kenyataan suatu negara yang jumlah penduduknya semakin banyak, wilahnya semakin luas, dan permasalahan yang dihadapi semakin rumit dan kompleks.

2. Atas dasar prinsip ideologi

Berdasarkan paham ini ada dua bentuk demokrasi yang berdasarkan kepada prinsip ideologi, yakni;

a) Demokrasi Konstitusional (Demokrasi Liberal)

Demokrasi konstitusional adalah demokrasi yang didasarkan pada kebebasaan atau individualisme. Ciri khas dari Demokrasi konstitusional adalah kekuasaan pemerintahannya terbatas dan tidak diperkenankan banyak ikut campur tangan dan bertindak sewenang-wenang terhadap warganya. Kekuasaan pemerintah dibatasi oleh konstitusi.

Menurut M. Carter dan Jhon Herz, suatu negara dinyatakan sebagai negara demokrasi apabila:

1) Yang memerintah dalam negara tersebut adalah rakyat, dan

2) Bentuk pemerintahannya terbatas

Bila suatu lingkungan di lindungi oleh konvensi dari campur tangan pemerintahan atau hukum, maka rejim ini disebut Liberal.

b) Demokrasi Rakyat

Demokrasi Rakyat disebut juga demokrasi proletar yang berhaluan Marxisme-komunisme. Demokrasi rakyat mencita-citakan kehidupan yang tidak menganal kelas sosial manusia dibebaskan dari keterkaitannya kepada kepemilikan pribadi tanpa ada penindasan serta paksaan. Akan tetapi, untuk mencapai masyarakat tersebut perlu dilakukan cara paksa atau kekerasan. Menurut Kranenburg demokrasi rakyat lebih mendewakan pemimpinnya. Sementara menurut Prof. Miriam Budiardjo, komunis tidak merupakan sistem politik, akan tetapi juga mencerminkan gaya hidup yang berdasarkan nilai-nilai tertentu. Negara merupakan alat untuk mencapai komunisme. Kekerasan dipandang sebagai alat yang sah.

0 komentar: